Rabu, 26 November 2008

PROMOSI/BERIKLAN

Seperti offline business, online business juga memerlukan kegiatan promosi. Bahkan promosi atau beriklan dalam online business menjadi salah satu kunci sukses dan sangat penting bagi online business kita. Bayangkan, dengan jutaan situs di internet, bagaimana orang akan mengetahui keberadaan URL atau situs kita kalau kita tidak mempromosikannya. Contoh, katakanlah pilihan online business anda adalah menjadi Affiliate atau reseller dari suatu produk tertentu. Setelah disetujui menjadi affiliate, biasanya anda akan diberi web atau situs replika yang sama dengan pemilik produk tetapi dengan alamat/URL yang berbeda, khusus untuk anda.

Misal : alamat situs pemilik produk adalah “http://pemilikproduk.com”, maka URL anda biasanya menjadi “http://pemilikproduk.com/namapilihananda”.

Jika URL anda ini di klik, maka akan tampil situs yang sama persis dengan situs pemilik produk.

Nah bayangkan, kalau anda tidak mempromosikan atau mengiklankan URL anda, bagaimana orang akan mengunjungi situs replika anda dan mereka mengetahui ada sesuatu yang anda tawarkan di situs tersebut?

Secara umum, kegiatan promosi di internet bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu berpromosi supaya dikenal oleh user atau pengunjung atau target market (sebut saja promosi eksternal) dan berpromosi supaya dikenal oleh search engine, atau lebih dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization).

Promosi Eksternal
Promosi Eksternal adalah kegiatan promosi/beriklan seperti umumnya dilakukan, yaitu memasang iklan, baik iklan online di internet atau bisa juga kita mengiklankan URL atau situs kita di media lainnya selain internet (biasanya jarang dilakukan oleh affiliate ). Tujuan utama promosi eksternal adalah supaya produk kita dikenal oleh user atau pengunjung internet.

Beriklan (eksternal) di internet ada yang gratis ada juga yang berbayar. Coba anda ketik di google “iklan gratis”, akan muncul banyak sekali daftar situs yang menyediakan layanan iklan gratis. Anda bisa memasang iklan di semua situs tersebut secara gratis. Kelemahan dari iklan gratis adalah anda harus rajin meng-update atau memasang ulang iklan anda agar iklan anda bisa bertahan di posisi atas. Dengan banyaknya pemasang iklan gratis, posisi iklan anda dalam sesaat bisa tergeser oleh pemasang iklan yang lebih baru. Berikut adalah contoh situs-situs iklan gratis :

Freetraffic
Ebizrotator
http://www.iklanbaris.com

http://www.iklanbaliku.com

Iklan berbayar umumnya lebih efektif karena iklan anda biasanya akan bertahan lebih lama di posisi atas atau halaman utama sehingga kemungkinan bisa dibaca oleh pengunjung lebih banyak. Situs-situs iklan gratis juga biasanya menyediakan layanan iklan berbayar, misal situs iklan yang paling banyak pengunjungnya, yaitu http://www.iklanbaris.co.id atau http://kliksaya.com.

Apapun pilihan anda, keduanya perlu pengorbanan, iklan gratis perlu waktu, iklan berbayar perlu uang. Jika anda memilih iklan gratis, anda bisa memanfaatkan software yang memungkinkan anda bisa memasang iklan sekaligus di ratusan situs iklan gratis, silahkan kunjungi situs ini.

Saran praktek :

  • Daftarkan diri anda di salah satu situs PTC (paid to click) melalui link ini.
  • Klik join atau register.
  • Isi data yang diminta (data jangan rekayasa, karena diperlukan untuk konfrimasi dan pembayaran).
  • Setelah disetujui (kita biasanya akan mendapat email notification), login ke situs tadi dengan menggunakan user ID dan password pada saat anda mendaftar.
  • Lihat link URL yang diberikan untuk anda (http://situstadi.com/?r=usernameanda) Catat atau simpan link URL anda.
  • Kemudian tulis script/draft iklan untuk URL anda (misal : Segera gabung gratis disini, dalam beberapa menit uang mengalir ke account anda).
  • Iklankan URL anda di salah satu situs iklan (coba yang gratis dulu, cari daftar situsnya di google dengan mengetik iklan gratis).
  • Login ke situs iklan gratis, isi data yang diminta.
  • Tulis JUDUL iklan anda dan teks iklannya, jangan lupa memasukkan URL anda di kolom yang disediakan, biasanya berbentuk : http://.................. (isi dengan URL anda).
  • Setelah ada konfirmasi ‘iklan anda sudah terpasang’, cari iklan anda dan coba klik iklan anda. Anda bisa melihat bahwa anda memiliki situs yang sama dengan pemilik produk.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba.

Kalau ada komentar, silahkan poskan komentar anda.


DAFTAR ARTIKEL LAINNYA :

  1. Dapatkan $ sekarang juga
  2. Penghasilan Online Buisness
  3. Jenis Online Business
  4. Kutu Loncat
  5. Modal Online Business
  6. Daftar Situs PTC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini :