Rabu, 26 November 2008

MODAL ONLINE BUSINESS

Banyak artikel di internet yang menulis tentang topik ONLINE BUSINESS Bagi PEMULA, tetapi ketika saya membacanya, bagi saya artikel itu mungkin lebih tepat dibaca oleh Pemula Menengah, sementara kelas saya mungkin masih PEMULA DASAR. Jadi bacanya juga bingung, banyak yang tidak mengerti.

Saya betul-betul memulai dari nol, dalam arti, pada saat itu cara membuat email saja saya tidak tahu. Jadi bukan hanya pemula dalam online business, tapi juga pemula dalam hal internet. Memang beberapa tahun sebelumnya saya pernah bergaul dengan internet, tapi pada saat itu online business belum saya kenal, mungkin memang pada saat itu belum marak seperti sekarang.

Ketika itu saya menggunakan internet hanya untuk mencari informasi untuk mendukung tugas sekolah saya. Tapi setelah sekolah selesai, internetpun saya tinggalkan dan baru beberapa tahun kemudian, yaitu tahun 2007 saya kembali bergaul dengan internet dan saya melihat sudah banyak online business dilakukan oleh pebisnis Indonesia. Salah satunya adalah Asian Brain yang dikelola oleh Anne Ahira, seorang mojang Bandung yang sukses dalam mengelola online business sehingga diakui secara internasional karena penghasilannya dari online business sudah mencapai lebih dari Rp. 10 juta per hari.

Saya tertarik dengan apa yang ditawarkan Asian Brain, dan akhirnya sayapun mencoba mengikutinya. Banyak ilmu yang saya peroleh dari Asian Brain ini, tapi karena saat itu sebetulnya saya belum benar-benar siap secara mental plus kesibukan offline business saya juga cukup tinggi, saya belum bisa fokus dan konsisten sehingga akhirnya terpaksa saya tinggalkan Asian Brain ini sebelum saya sempat mempraktekkan secara maksimal ilmu yang diperoleh. Tetapi dalam hati saya bertekad, suatu saat saya harus memulai online business ini karena saya juga harus mempersiapkan masa pensiun saya.

Dari pengalaman di Asian Brain saja, saya bisa menarik satu kesimpulan berharga, apapun bisa kita pelajari dan kita bisa menjadi sukses kalau kita fokus, disiplin, ulet atau berkemauan keras untuk sukses dan praktek. Jangan takut untuk mulai mempraktekkan suatu ilmu yang baru didapat, karena dengan praktek kita bisa tahu kesalahan atau kelemahan kita. Sering-sering praktek....dan praktek!!!. Luangkan waktu untuk belajar dan belajar...!!!. Kalau ada yang tidak mengerti, rajin mencari jawaban di mesin pencari google. Anda toh tinggal ketik apa yang ingin anda tahu, google akan mencarikan jawabnya.

Jadi memang betul tidak ada yang GRATIS di dunia ini. Hukum alam tetap berlaku koq. Siapa yang berkorban lebih banyak, hasilnya juga akan lebih banyak. Dan ingat pula, berkorban disini bukan hanya dari segi materi, tapi juga waktu, tenaga, otak dll. Jadi tidak benar tuh, duduk, diam, tidur, dapat uang. Bahkan untuk yang sudah sukses sekalipun, saya yakin mereka tetap bekerja keras. Nanti mungkin anda akan merasakan setelah anda betul-betul terjun dan serius di online business.

Untuk orang yang mungkin terbiasa produktif, menyia-nyiakan waktu akan terasa sebagai beban. Sementara dengan usia yang semakin tua, energi kita pasti akan lebih terbatas, sehingga saya berpikir online business adalah salah satu solusi yang tepat untuk membuat kita tetap produktif tapi tidak terlalu menguras tenaga. Bukankah hidup akan lebih berarti jika kita tetap bisa berbuat sesuatu untuk hidup ini, sekecil apapun hasilnya. Karena itu, walaupun hanya seminggu sekali, dalam satu tahun terakhir saya selalu mencoba belajar untuk mengetahui lebih jauh seperti apa online business tersebut.

Memang banyak tawaran atau promosi untuk segera memulai online business, tapi setelah saya mencoba mengikuti salah satunya dan ternyata saya belum siap untuk konsisten dan fokus, akhirnya terabaikan. Walau demikian, saya tidak terlalu merasa sia-sia, karena ilmu yang saya peroleh hingga sekarang masih saya rasakan manfaatnya, saya sudah mampu membuat situs, saya mengetahui apa saja yang bisa menghasilkan uang dari online business walaupun kita tidak memiliki produk untuk dijual dan masih banyak yang lainnya. Thanks Anne...!!!

Jadi, kalau anda ingin sukses dalam online business, modal utama yang anda perlukan adalah : belajar...belajar dan belajar ....!!! Fokus...fokus .... dan fokus...! Juga praktek....praktek.... dan praktek....!

Berapa modal Rp yang diperlukan ? Relatif. Kalau anda sudah bisa membuat situs/blog sendiri atau membeli produk reseller, ya sisihkanlah 100-200 ribu rupiah untuk beriklan, keluarkan secara bertahap....!!!

Siap untuk belajar, fokus dan praktek....?!




DAFTAR ARTIKEL LAINNYA :

  1. Dapatkan $ sekarang juga
  2. Penghasilan Online Buisness
  3. Jenis Online Business
  4. Kutu Loncat
  5. Promosi/Beriklan
  6. Daftar Situs PTC








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar anda disini :